Heboh Ulama Usia 154 Tahun Abah Abuya Syar’i, Dikabarkan Seangkatan dengan KH Hasyim Asy’ari Pendiri NU

Potret seorang ulama besar asal Banten, Abah Abuya Syari tengah menjadi perbincangan hangat setelah dibagikan oleh akun Instagram @zonaislamikini. Foto ulama 154 tahun ini pu viral di media sosial.

Abah Abuya Syar’i membuat heboh karena dirinya tampak dalam kondisi sehat meski umur dikabarkan sudah mencapai lebih dari 1,5 abad, tepatnya 154 tahun.

Dikabarkan oleh akun itu, Abah Abuya Syar’i lahir pada 8 Rajab tahun 1287 Hijriah sehingga kini berusia 154 tahun. Ia kini menetap di daerah Banten. Belia memiliki nama lengkap KH Syah Ahmad Syar’i.

“Beliau tinggal di Banten Lahir pada 8 Rajab tahun 1287 H umur beliau sekarang 154 tahun,” ungkapnya seperti dikutip Suara.com, Selasa (22/6/2021).

Dikabarkan berusia 154 tahun, Abah Abuya Syari disebut-sebut merupakan satu angkatan dengan pendiri Nahdlatul Ulama, Kiai Hasyim Asyari.

Meski teman seangkatan telah wafat, penampilan Abah Abuya Syar’i sebagaimana tampak dalam foto dinilai masih bugar.

Ulama besar asal Banten tersebut dikenal sebagai sosok yang memiliki pengetahuan luas, khususnya di bidang Tasawuf.

Kendati begitu, dia tetap berpenampilan sederhana dan dinilai ramah kepada masyarat umum sehingga lantas ramai didoakan.

“Jiwa kotor kita akan bergetar jika berada di samping beliau langsung. Semoga Beliau sehat selalu, panjang umur, mudah-mudahan kita bisa bersilaturahmi ke beliau,” sambung akun tersebut.

Usia asli Abah Abuya Syar’i menjadi perdebatan para warganet. Walaupun demikian, potret viral Abah Abuya Syar’i tersebut dibanjiri berbagai komentar dari warganet. Ada dari mereka mengaku belum lama ini berjumpa.

Adapun nama asli Abah Abuya Syar’i dihimpun dari berbagai sumber ialah KH Ratu Bagus Syah Ahmad Syar’i Mertakususuma.

“Sebelum Ramadhan kemarin saya jumpa dengan Abah Abuya Syar’i. Saya bersyukur bisa duduk ngobrol bareng, senang banget MasyaAllah,” tutur Dea*******.

“Alamatnya di Desa Ciomas, Serang Banten. Lebih mudah lihat di maps ada kok. Kalau mau ke sana harus pagi-pagi benar soalnya rame, di sana bisa ketemu mulai jam 8 pagi,” timpal Sir*******.

“Semoga Abah sehat selalu Aminnn Allahuma Amin. Beliau salah satu ulama Paku Banten,” balas Ipu*******.

“Semoga Allah selalu melindungi nya memberikan kekuatan kesehatan panjang umur berkah selamat aamiin aamiin yaa robbal aallaamiin,” doa Mas*******.

Abah Abuya Syar’i bukan sembarang orang. Dia bahkan dikenal dan pernah dikunjungi beberapa tokoh, salah satunya Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed