Viral Orang Tiduran di Tengah Jalan Tol Japek, Ini Penjelasan Jasa Marga

Jakarta – Di jagat media sosial sedang viral berita mengenai orang yang rebahan di tengah jalan tol Japek (Jakarta-Cikampek). Berikut penjelasan resmi dari pihak Jasa Marga.

Video viral mengenai orang tiduran di jalan tol diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia. Dalam video singkat itu diketahui jika peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 19 Juli, pukul 08:23 WIB.

Dalam peristiwa itu, tampak ada seseorang yang sedang tiduran di tengah-tengah jalan tol. Orang tersebut menggunakan kaus pendek dan celana pendek dengan warna gelap. Tidak diketahui apakah orang tersebut laki-laki atau perempuan.

Penjelasan Jasa Marga

Menindaklanjuti video viral mengenai orang yang berbaring di tengah ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, Jasamarga Tollroad Regional Division (JTTRD) telah melakukan penelusuran terhadap informasi yang beredar tersebut.

Pada hari Senin 19 Juli 2021 pukul 08.23 WIB, setelah mendapatkan informasi dari Sentra Komunikasi Jasa Marga terkait informasi orang yang berbaring di Km 4 lajur 3 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, petugas Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Jasa Marga segera melakukan penelusuran menuju lokasi kejadian.

“Setelah petugas Kamtib tiba di Km 4 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, petugas tidak dapat menemukan orang tersebut sesuai laporan yang telah disampaikan. Kemudian petugas melakukan observasi di sekitar lokasi kejadian dan dilaporkan bahwa tidak ditemukan tanda-tanda bekas kejadian kecelakaan atau hal lainnya (nihil kejadian),” tulis Jasa Marga, dalam keterangan resmi yang diterima detikOto, Kamis (22/7/2021).

Aturan mengenai orang yang masuk tol sudah jela. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan pada Pasal 56 disebutkan bahwa setiap orang dilarang memasuki jalan tol, kecuali pengguna jalan tol dan petugas jalan tol.

Disebutkan bahwa petugas Jasa Marga akan selalu memantau kondisi lalu lintas dan memastikan agar tidak terdapat gangguan di wilayah jalan tol. Jika ditemukan orang atau barang yang berada di lajur dan membahayakan pengguna jalan, petugas akan segera melakukan tindakan pengamanan.

“Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan, diimbau kepada pengguna jalan agar tetap mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas selama berkendara. Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android”.

Tonton Videonya DISINI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed