Ramai soal Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK Ditunda, Kapan Jadwal Pastinya?

Sejumlah warganet di media sosial ramai-ramai menanyakan soal kejelasan waktu pendaftaran seleksi CPNS 2021 dan PPPK. Mereka menanti kabar pasti kapan dibukanya proses seleksi setelah sebelumnya beredar kabar jika pendaftaran akan dibuka pada 31 Mei 2021. Namun hingga hari ini, Rabu (2/6/2021), seleksi CPNS 2021 dan PPPK tak kunjung dibuka. Tak sedikit dari mereka yang menyebut pendaftaran akan ditunda. Salah satunya seperti yang disuarakan oleh pemilik akun Elwina Situmorang di grup Facebook Seputar CPNS dan PPPK 2021. “Apakah pernyataan pendaftaran CPNS ditunda tgl 31 Mei?? Saya mau nanya teman2 mohon infonya dong,” tulis dia, Selasa (1/6/2021).

Berikutnya, akun Winda Wiyanti juga menanyakan hal yang sama di grup Facebook Kemdikbud Info pada Senin (31/5/2021). Selain mempertanyakan kebenaran kabar penundaan seleksi CPNS dan PPPK 2021, Winda lantas bertanya-tanya kapan tanggal pasti dibukanya seleksi. “Mo tanyak ne tmn2, apa bner pendaftaran PPPK dan CPNS ditunda, low emg bner, kira2 kpn y buka lg, tolong infonya bpk/ ibu,” tulis dia dalam unggahannya.

Baca juga : Ramai Kabar Kartu Prakerja Gelombang 17 Akan Dibuka Juni 2021, Ini Kata Manajemen Pengelola

Penjelasan BKN Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono menegaskan, pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK belum dibuka pada 31 Mei. Adapun hal itu juga telah disampaikan BKN melalui Surat Kepala BKN Nomor: 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tentang Pengadaan CPNS dan PPPK non-Guru Tahun 2021. Paryono mengungkapkan, pertimbangan belum dibukanya seleksi CPNS 2021 dan PPPK dijelaskan pada poin delapan dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana tersebut. “Mengingat masih terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK non-Guru, PPPK, dan PPPK Guru tahun 2021 yang belum ditetapkan oleh Pemerintah serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut,” kata Bima dalam suratnya.

Dalam surat yang dikeluarkan di Jakarta, 28 Mei 2021 itu tidak dijelaskan secara gamblang kapan tanggal pasti pelaksanaan seleksi CPNS 2021 dan PPPK. Kompas.com mencoba menanyakan kapan tanggal pasti dimulainya proses seleksi kepada Paryono, namun pihaknya juga belum bisa memastikannya. “(Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK) Belum ada tanggal pastinya,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/6/2021) pagi.

Baca juga : BLT UMKM Tahap 3 Segera Cair, Ini Syarat Terbaru Untuk Dapat Banpress Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021

Persiapkan diri

Oleh karena itu, Paryono berpesan kepada calon peserta CPNS 2021 dan PPPK agar selalu memperbarui informasi melalui kanal resmi BKN. Baik melalui laman www.bkn.go.id, dan sejumlah media sosial resmi BKN, dari Twitter, Instagram, Facebook, dan YouTube. Dia juga mengajak calon peserta seleksi CPNS 2021 dan PPPK memanfaatkan waktu yang ada untuk terus belajar. “Para calon pelamar agar mempersiapkan diri mulai dari dokumen-dokumen dan tentunya belajar,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed