Ayah sudah tiada, momen pengantin izin diwalikan nikah ini bikin haru

Tugas seorang ayah bukan hanya melindungi dan menyayangi keluarganya saja. Terlebih lagi ketika mereka memiliki anak perempuan, sosoknya kelak akan mendampingi anak gadisnya saat menikah. Ia akan menjadi wali nikah anaknya saat prosesi ijab kabul.

Kehadiran wali nikah bagi pihak mempelai perempuan dalam prosesi ijab kabul merupakan salah satu rukun dan syarat yang harus dipenuhi. Jika tidak, maka pernikahan tersebut dianggap tidak sah.

Umumnya wali nikah adalah ayah kandung dari mempelai perempuan tersebut. Namun dalam kondisi tertentu, tidak semua beruntung bisa diwalikan oleh ayah kandung mereka sendiri. Beberapa di antaranya harus diwalikan oleh anggota keluarga laki-laki lain dan atau wali hakim.

Seperti yang dialami oleh pengantin perempuan berikut ini. Momen ijab kabul semakin terasa haru tatkala sang mempelai perempuan meminta izin untuk diwalikan nikah, sebab ayahnya telah tiada. Momen ini dibagikan lewat unggahan video oleh akun TikTok @akusikentang13, pada Senin (9/8) kemarin.

 

“Berulang kali liat masih aja nangis,” tulisnya, sebagaimana dilansir brilio.net pada Selasa (10/9).

Dari rekaman video tersebut, terlihat sepasang pengantin tengah duduk bersama untuk melakukan prosesi akad. Sebelum ijab kabul dimulai, pengantin wanita lebih dulu meminta izin untuk diwalikan nikah kepada pihak yang telah ditunjuk.

Momen tersebut terjadi sebab ayah kandung dari mempelai perempuan telah meninggal, sehingga wali nikah diwalikan oleh pihak lain yang memiliki kewenangan untuk bertindak sebagai wali.

“Hi, jadi ayah aku udh gada trs aku anak tunggal, jadi aku diwaliin dan hrs minta izin dl sblm ijab qobul gt,” tulisnya dalam kolom komentar.

Suasana akad nikah tersebut semakin haru sesaat mempelai wanita mengucapkan izin untuk dinikahkan kepada wali nikahnya. Sambil menahan tangis, perempuan tersebut membaca teks yang ada di hadapannya sambil berjabat tangan dengan sang wali nikah.

Momen ini awalnya sempat membuat bingung warganet, sebab banyak yang mengira bahwa mempelai wanita melakukan ijab kabul. Namun setelah diluruskan, tak sedikit juga yang mengaku sedih sekaligus terharu dengan yang dialami oleh pengantin perempuan tersebut.

“cowo nya terharu dia nikah sama wanita yang hebat,” tulis Ayaa.

“ga kebayang pas nikah gaada ayah yg waliin aaaa kgn ayah :”),” timpal akun @kimptri_v.

“awal liat be like, kok cewek yg ijab setelah liat coment be like, yg tabah yah teh.. semoga sakinah mawadah warohmah,” kata basirfai29.

“ikut nangis dongs gambaran aku nanti nikah dimasa depan sama kak dinikahkan oleh wali karena papah sudah disyurga,” curhat meganur313.

Video momen haru pengantin izin diwalikan nikah ini berhasil mencuri perhatian dan viral. Hingga kini video tersebut telah disaksikan 6,5 juta kali dan 600 ribu like dari pengguna TikTok.

Tonton Videonya DISINI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed