Demi Selalu Dekat, Warganet Ini Makamkan Ibunya di Halaman Rumah

Ditinggal pergi selamanya oleh orang tersayang bukanlah hal yang mudah. Setiap orang pun mengekspresikan rasa kehilangannya dengan cara yang berbeda-beda.

Belakangan ini, seorang warganet membagikan kisahnya yang memilih untuk menguburkan jasad ibundanya di halaman rumahnya.

Dalam video yang dibagikan oleh akun tikTok @adhefin belum lama ini, tampak pemilik akun tengah mempersiapkan makam untuk sang ibu.

Dari mulai merapikan tanah, meletakkan batu nisan, hingga ia menanam rumput untuk mempercantik tampilan makam ibunya. Tak hanya itu, pemilik akun juga menaburkan aneka bunga dengan rapi di atas pusara sang ibu.

Liang lahat itu ia gali persis di dalam pagar rumahnya yang membatasi dengan jalan umum.

Hal tersebut ia lakukan agar selalu dekat dengan sang ibu. Dengan dekatnya jarak makam, pemilik akun dapat membersihkan makam dan batu nisannya dengan mudah.

Tak hanya itu, ia pun bisa berdoa hampir setiap hari di sebelah kuburan ibunya.

“Mungkin ini caraku,” tulis pemilik akun dalam keterangan videonya, yang merujuk tentang bagaimana ia mengungkapkan rasa cinta pada ibundanya.

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih dari 1,8 juta penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 173.200 kali oleh sesama pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

“Sama kayak keluarga aku, selalu menempatkan makam di lingkungan rumah. Tradisi kalau niat ziarah nggak ogah-ogahan atau takut,” tulis akun @budakparahi.

“Gue sering minta ke mama sama keluarga yang lain, kalau gue duluan pergi, gue cuma mau dikuburin di halaman belakang rumah karena nggak mau pisah dari mama,” komentar @blackexo28.

“Manfaatnya kuburan di halaman rumah, jadi kalau rebutan harta, rumah nggak bisa laku kejual, biar tetep pulang nengokin,” tambah @pemudatersesatt0.

“Masya Allah kak balas budimu terhadap ibunda tercinta,” ungkap @adhitya_fauzi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed