Miris! Viral Video Pemuda Bawa Lumba-lumba Boncengan Naik Motor, Tuai Hujatan Massal

Video dua pemuda yang berboncengan membawa lumba-lumba mendapatkan sorotan tajam. Kedua pemuda itu dengan santai menaruh seekor lumba-lumba di jok motor.

Peristiwa itu menjadi viral setelah dibagikan oleh akun Twitter @wibujawa. Hingga berita ini dipublikasikan, video sedikitnya telah disaksikan 9 ribu kali, di-retweet 500 kali dan mendapatkan 1.200 tanda suka.

“Harus ditindak lanjuti ini,” tulis akun ini sebagai keterangan Twitter seperti dikutip Suara.com, Sabtu (11/9/2021).

Dalam video, seorang pemuda yang tidak mengenakan helm tampak mengendari motornya. Ia membawa seekor lumba-lumba berwarna hitam di jok motor belakang.

Agar lumba-lumba tidak jatuh, pemuda lain ikut membonceng. Pemuda yang di depan menyetir motor, sedangkan pemuda yang membonceng memegangi lumba-lumba layaknya barang.

Kondisi lumba-lumba itu terlihat begitu memprihatinkan. Hewan itu terbaring tidak berdaya tanpa bisa bernapas di jok motor pemuda tersebut.

Lihat Videonya DISINI

Mirisnya, aksi kedua pemuda itu justru hanya menjadi tontontan warga. Bahkan, salah seorang warga tampak memberikan tali kepada kedua pemuda itu untuk mengikat lumba-lumba di motor.

Kendati demikian, kedua pemuda itu hanya memegangi tali tersebut. Pemandangan semakin memprihatinkan saat lumba-lumba itu dibawa pergi dengan motor.

Bagaimana tidak, ekor lumba-lumba masih menyentuh aspal. Kondisi itu membuat sebagian tubuh lumba-lumba sampai terseret di jalanan yang begitu panas.

Keterangan akun menjelaskan, lumba-lumba itu terdampar di salah satu pantai di Bima, Nusa Tenggara Barat atau NTB. Lumba-lumba itu terdampar dengan keadaan hidup.

Namun akibat keserakanan manusia, lumba-lumba itu justru ditangkap alih-alih dibebaskan lagi ke laut. Lumba-lumba itu diduga dibawa ke pasar untuk dipotong dan dijual dagingnya.

Dari keterangan @/indoflaslight di Instagram, seekor lumba-lumba terdampar di salah satu pantai di Bima, NTB menjadi korban keserakahan manusia. Menurut informasi, lumba-lumba ini diduga sudah lama terdampar dan masih dalam keadaan hidup,” tulis akun ini.

Mirisnya, warga tidak ada inisiatif menolong. Bahkan mereka membawanya pakai motor ke pasar buat dipotong untuk dijual,” lanjutnya.

Peristiwa itu langsung menuai kecaman massal dari publik. Warganet beramai-ramai menuliskan komentar hujatan kepada dua pemuda tersebut.

Dan tadi pas liat Instagram, anaknya yang bawa ke darat itu foto di atas lumba-lumbanya,” beber warganet.

Bukanya lumba-lumba sudah ada peraturan nya?” tanya warganet.

Iya ada. Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, di mana di dalam lampirannya ditegaskan bahwa lumba-lumba adalah mamalia laut yang dilindungi oleh Undang-undang. Kalau salah tolong dikoreksi,” timpal yang lain.

Mau marah tapi belum tahu pasti motifnya apa. Tapi beneran mau marah lihat lumba-lumba digituin. Yang tenang lumba-lumba,” kecam warganet.

Maaf tapi aku harus bilang GOBLOK,” hujat warganet.

Manusia kayak gini emang udah layak dimusnahkan,” tambah yang lain.

Paling gak bisa kalau soal hewan-hewan gini anjir, pengen nangis,” sahut warganet.

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed