Nama Anak Terlalu Panjang Sehingga Kesulitan Bikin Akta, Orang Tua di Tuban Kirim Surat Ke Presiden

Bayi dengan nama panjang 19 kata di Tuban yang pernah bikin heboh, kini hampir menginjak usia tiga tahun.

Namanya anak tersebut, Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi – Thariq Ziyad Syafudin Quthuz Khoshala Sura Talenta.

Namun, orang tua bayi yang lahir pada 6 Januari 2019 itu tengah kesulitan mengurus akta.

Pasangan Arif Akbar dan Suci Nur Aisiyah, asal Desa Ngujuran, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban itu kini tengah berupaya mengirim surat terbuka ke Presiden Joko Widodo.

“Benar, kami telah mengirim surat terbuka ke Presiden. Di antaranya lewat FB pribadi. Sudah ngurus akta tiga tahun lalu, tapi tidak beres,” ujar Arif Akbar dikonfirmasi, Senin (4/10/2021).

Ia menjelaskan, sudah mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk mengurus akta anak keduanya itu, namun jawaban selalu sama, tidak bisa.

Arif berharap, ada kabar bagus saat ia menanyakan perkembangan terbaru berkaitan akta anak, tapi sayang justru mendapatkan kabar sebaliknya.

Pihak terkait mengaku tidak bisa dan berulang-ulang menyarankan untuk merubah nama anak tersebut.

“Saya disuruh merubah nama anak, padahal nama tersemat doa untuk kebaikannya. Kalau harapan tentu bisa diproses aktanya, karena saat masuk TK akta dibutuhkan,” harapnya.

Jawaban Pihak Disdukcapil TubanTerkait Nama Anak yang Terlalu Panjang Kesulitan Buat Akta

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban, buka suara terkait orang tua yang kesulitan membuat akta anak.

“Kami tidak meminta pemohon mengganti nama, tapi menyesuaikan karakter huruf yang tersedia,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Rohman Ubaid dikonfirmasi SURYA.CO.ID, Senin (4/10/2021).

Ubaid menjelaskan, sebelum akta anak diproses, maka harus masuk dulu dalam biodata base sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) Ditjen Dukcapil, maksimal 55 karakter huruf.

Begitu juga untuk akta, kartu keluarga dan KTP, semua terbatas maksimal 55 karakter huruf, termasuk spasi.

Untuk itu ia menegaskan, agar nama yang diajukan supaya disesuaikan dengan jumlah karakter yang tersedia di Aplikasi SIAK.
.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed