Perihal Mahar, Alasan Lelaki Ini Batalkan Pernikahan Bikin Emosi

Mahar atau maskawin merupakan harta yang diberikan oleh pihak mempelai lelaki kepada mempelai perempuan pada saat pernikahan. Umumnya, mahar yang diberikan berupa emas atau harta lainnya seperti uang tunai.

Belakangan, viral sebuah video petugas KUA (Kantor Urusan Agama) yang bercerita mengenai seorang lelaki yang datang untuk membatalkan berkas pernikahan hanya karena urusan mahar.

Sebuah video diunggah akun TikTok @gallerydesy beberapa waktu lalu, lelaki yang tak diketahui identitasnya itu datang ke KUA untuk membatalkan proses berkas pernikahan dengan calon istrinya.

Saat ditanya apa alasannya, lelaki itu menjawab bahwa calon istrinya meminta menaikkan nominal mahar. Awalnya, calon istrinya meminta mahar sebesar Rp 50.000 dan berubah menjadi Rp 200.000.

Nominal tersebut pun terbilang tidak terlalu besar jika untuk memperjuangkan perempuan yang dicintainya.

Namun, ketika petugas KUA meyakinkannya untuk tidak membatalkan pernikahannya hanya karena mahar, jawaban lelaki tersebut rupanya membuat petugas terkejut.

Alih-alih memberikan alasan yang logis, lelaki itu justru mengatakan bahwa penampilan calon istrinya itu tidak sepadan dengan uang mahar yang dikeluarkannya.

“Pak kepalaku meyakinkan lagi, apa harus dibatalkan hanya karena permintaan perempuan seperti itu, sepertinya tidaklah sulit untuk sekali seumur hidup. Taukah jawabannya apa? Dia jawab, duhh nggak sepadan pak, 200 ribu wong orangnya juga nggak pantes diajak ke kondangan. Terus kalau dari awal udah ngerasa nggak sepadan ngapain ngajak nikah,” tulis pemilik akun dalam keterangan pada videonya.

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih dari 2,4 juta penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 216.300 kali oleh sesama pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

Tak sedikit pengguna lainnya yang dibuat kesal dan mengecam alasan lelaki tersebut.

“Beruntungnya si wanita. Semoga kita dijauhkan dari laki-laki yang seperti itu,” tulis akun @lia_kim0512.

“Mintanya yang cantik tapi bayar mahar 200 ribu nggak mampu. 200 ribu nggak cukup buat beli paket skincare. Definisi pengen istri cantik tapi dompet kosong,” komentar @sucik_p16.

“Awal baca: Aduhh sayang banget gara-gara mahar, mungkin mampunya segitu. Di akhir: Alhamdulillah mbak nggak jadi dinikahin, gue yang baca aja naik pitam,” ungkap @crispy.crumb.

“Gue tadinya kasihan sama masnya. Gue kira maharnya sampai ratusan juta, ternyataa. Bersyukur mbak nggak jadi nikah sama cowok modelan kayak gitu,” tambah @todayisyva.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed