Polisikan Lesti-Billar, Ini Profil Mila Machmudah Djamhari Eks Pengurus PAN

Belum lama ini nama Mila Machmudah Djamhari menggegerkan warganet karena ancamannya akan melaporkan Rizky Billar dan Lesti Kejora ke polisi atau kasus pembohongan publik. Siapa sebenarnya Mila Machmudah Djamhari, berikut profil lengkapnya.

Kehebohan kasus pernikahan siri Rizky Billar dan Lesti Kejora memasuki babak baru lantaran pasangan ini diancam akan dilaporkan ke polisi atas alasan pembohongan publik.

Tak main-main, pelapor ini adalah seorang mantan pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) DPW Jawa Timur yakni Mila Machmudah Djamhari.

Dikutip dari laman KPU.go.id, Mila Machmudah Djamhari adalah wanita yang pernah mengajukan diri sebagai bakal calon anggota DPR dari PAN di tahun 2013 lalu.

Mila Machmudah Djamhari lahir di Surabaya Jawa Timur, 13 Maret 1972. Ia merupakan lulusan S1 Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, Jawa Timur tahun 1997.

Semasa muda, ia mengenyam pendidikan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, SMP N 4 Surabaya, dan SD TPP Khadijah Surabaya.

Dikutip dari blog pribadinya, Mila Machmudah Djamhari menyebut dirinya adalah seorang pekerja sosial di bidang Advokasi Sosial Kesehatan. Ia juga merupakan pendiri dan leader dari Drug Free Community.

Eks Pengurus PAN

Meski kini sudah tidak lagi bernaung sebagai pendurus organsasi DPW PAN Jawa Timur, tapi Mila Machmudah Djamhari pernah punya riwayat dalam pendirian DPC PAN Kecamatan Wonokromo Surabaya di tahun 1998 lalu.

Mila Machmudah Djamhari kuga pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur periode 2015-2020.

Dalam salah satu unggahan sosial medianya pada Agustus 2021 lalu, Mila Machmudah Djamhari mengaku dirinya sudah tidak lagi jadi pengurus PAN. Meski demikian ia masih menjadi anggota PAN.

“Sampai detik ini saya masih pegang kartu anggota PAN… belum pernah mengajukan pengunduran diri dan atau menyerahkan KTA… Saya hanya tidak lagi menjadi pengurus PAN di level mana pun…” ungkap Mila Machmudah Djamhari (15/8/2021).

Laporkan Lesti Kejora dan Rizky Billar

Mila Machmudah Djamhari kini tengah menjadi sorotan lantaran cukup getol membahas soal pernikahan siri Rizky Billar dan Lesti Kejora di laman Facebook-nya.

Ia bahkan berniat untuk melaporkan pasangan yang mengaku menikah siri di awal tahun 2021 ini.

“Bismillah, saya berpikir melaporkan kebohongan Leslar (Lesti dan Billar) ke Polda karena sudah membuat gaduh dan acak-acakan hukum syariat,” tulis Mila di akun Facebook, Senin (27/9/2021).

Lebih lanjut, Mila mengatakan ancaman hukuman bagi pelaku kebohongan tersebut adalah empat tahun penjara.

“Mengapa Leslar bisa dipidanakan karena kebohongannya? Karena sudah ada yurisprudesi kasus dengan pasal kebohongan yang menyebabkan kegaduhan,” kata Mila.

“(ancaman hukuman) divonis 4 tahun,” tegasnya.

Salah satu yang disoroti Mila adalah pendaftaran pernikahan di Kantor Urusan Agama. Dalam keterangan yang dicantumkan di Facebook, tertera ‘saat mendaftarkan pencatatan nikah di KUA, salah satu syaratnya adalah surat pernyataan masih perjaka atau perawan’.

Sementara pada kasus Rizky Billar dan Lesti Kejora, Mila mengatakan pasangan itu bukan seharusnya mendaftarkan pernikahan ke KUA. Tetapi ke Pengadilan Agama untuk mengajukan itsbat.

“Lesti dan Billar terbukti mengakui pernah menikah siri. Maka mereka berdua dapat diduga mebuat surat pernyataan palsu. Hal ini pun bisa masuk pidana, pemalsuan dokumen syarat nikah,” demikian keterangan yang tertera di unggahan Mila.

Demikian profil Mila Machmudah Djamhari politisi dan eks pengurus PAN yang berencana laporkan Lesti Kejora dan Rizky Billar ke polisi atas kasus pembohongan karena pernikahan siri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed