Sehari Hanya Laku 4 Gelas, Pedagang Es Tebu Menangis Saat Dibayar Rp 500 Ribu, Videonya Viral

Video cara menawar terbaik seorang pengusaha terhadap penjual es tebu ramai di media sosial.  Sebuah video cara menawar dagangan anti mainstream tengah ramai di Instagram. Biasanya pembeli menawar harga lebih rendah dari harga penjual.Namun yang dilakukan pembeli ini berada di luar kebiasaan.

Dia memilih untuk menawar dengan harga lebih mahal. Video itu sempat diunggah beberapa akun gosip Instagram, pada Sabtu (1/7/2021) malam. Rupanya video itu diunggah pertama kali oleh pengusaha asal Cikampek, Jawa Barat bernama H Hilman Gumilar yang sering dijuluki Mat Peci pada Sabtu petang.

Pada rekaman video berjudul ‘tutorial cara nawar harga ke pedagang kecil saat PPKM ala Mat Peci itu, dia berniat membeli sebungkus es tebu. Mulanya dia mendatangi seorang perempuan penjual es tebu yang menjaga lapaknya untuk membeli segelas es tebu.

Menurut caption video, sang penjual hanya dapat menjual empat gelas es tebu dari pagi hingga petang. Sewaktu mau membayar, Hilman menanyakan harga segelas es tebu. “5 ribu,” jawab penjual. Namun beserta dua istrinya menawar harga yang tak masuk akal.

Bukan menawar rendah, mereka menawar dengan harga tinggi. “Berapa Teh? 5 ribu. Jangan 5 ribu, atuh? Rp 100 ribu aja,” ujar seorang perempuan satu. “Jangan, jangan Rp 100 ribu, Rp 200 ribu aja,” ujar perempuan dua. Mendengar tawaran harga yang meninggi, ekspresi wajah penjual campur aduk, antara haru, bingung, dan senang. Apalagi tawarannya meningkat dari Rp 200 ribu hingga memastikan harga Ro 500 ribu.

Melihat perdebatan soal tawaran harga yang meningkat, sang penjual berupaya menengahi meski raut mukanya sedih. Tak pelak, sang suami memberikan Rp 500 ribu untuk segelas es tebu. Pecahlah tangis sang penjual seraya tak percaya dengan apa yang dia alami.

Dengan sesunggukan, penjual es tebu ini menerima uang dari pembeli berbaik hati ini. Setelah itu, Hilman sempat menoleh ke belakang. Lalu dia melihat sang penjual menunduk sambil mengusap air mata haru-biru dengan rezeki nomplok itu. Menyaksikan video itu, warganet terharu hingga ikut mendoakan sang penjual es tebu itu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed