Soal Hak Asuh Gala, Ustadzah Lulung Mumtadza Sebut Pihak Vanessa Angel Lebih Berhak

Ustazah Lulung Mumtaza diminta mengemukakan pendapat mengenai hak asuh Gala putra mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah. Saat ini, Gala tinggal bersama adik Bibi yang memang serumah dengan Vanessa.

Polemik hak asuh Gala, putra mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, masih ramai menjadi perbincangan. Kepada Seleb Oncam News, Ustazah Lulung Mumtaza mengungkap pandangannya dari hukum agama Islam.

Menurut Ustazah Lulung, keluarga pihak Vanessa Angel lebih berhak karena Gala masih di bawah umur. Namun yang perlu ditekankan adalah keberadaan ibunda, bibi, atau saudara perempuan mendiang Vanessa untuk mengasuh Gala.

“Kalo kita ngomongin secara saklek dalam kitab fiqih, misalnya saya meninggal punya anak di bawah umur, maka yang mengurus adalah ibu saya,” ujar Ustazah Lulung dalam video yang tayang pada Minggu (21/11). “Jadi diambil dulu dari keluarga pihak ibunya. Kalo saya nggak ada, berarti ibunya (ibu), neneknya kan. Neneknya nggak ada, maka bibinya (adik ibu Vanessa) dari keluarga si istri.”

Seperti diketahui, Vanessa Angel telah kehilangan sang ibunda di usia 10 tahun. Ayah Vanessa, Doddy Sudrajat, telah menikah lagi. Vanessa juga memiliki adik perempuan bernama Mayang yang sedang kuliah.

“(Hak asuh Gala ini dari pihak) Keluarga Vanessa dulu sebenarnya dilihat dari segi ibu. Karena dia kan anak di bawah umur. Yang megang hak dari keluarga ibu,” jelas Ustazah Lulung. “Si Vanessa udah nggak ada, maka ibunya Vanessa. Ibunya Vanessa nggak ada, maka kita lihat apakah ibunya Vanessa punya kakak sama adik.”

“Nggak ada juga, maka kita lihat punya saudara perempuan nggak Vanessa,” tambahnya. “Saudara perempuannya memang yang bisa mandiri sendiri.”

Baru setelah dipastikan tidak ada perempuan yang bisa merawat Gala di pihak Vanessa, keluarga almarhum Bibi Andriansyah bisa mengambil alih. Gala kini diketahui bersama keluarga Bibi karena sebelumnya memang tinggal bareng adik ipar Vanessa, Fuji.

“Kalo nggak ada juga, baru kita lihat ke keluarganya suami, keluarga Bibi. Bibi punya ibu, berarti nenek dari Bibi. Berarti Gala harus hidup dengan ibu dari keluarga Bibi,” tutur Ustazah Lulung. “Karena itu tadi, ibunya Vanessa kan udah wafat, yang ada ibu sambung, beda lagi. Kita akan melihat ibu kandung Bibi.”

Namun ternyata tak menutup kemungkinan apabila ayah Vanessa Angel mau mengurus Gala. Untuk menengahi kedua keluarga yang sama-sama menyayangi Gala, Ustazah Lulung menyarankan bergantian seperti seorang suami berpoligami.

“Tapi kalo di keluarga Vanessa ini memang ibu nggak ada, saudara perempuan nggak ada, tidak bisa tolak juga kalo misalnya bapaknya,” pungkasnya. “Kita ambil tengah, mending ganti-gantian ibarat poligami.”

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed