Viral MUA Rias Pengantin Pakai Ritual Jawa Tak Keramas 7 Hari, Hasilnya: Cantik Parah!

Make Up Artist (MUA) menceritakan pengalamannya merias pengantin menggunakan ritual Jawa. Ia turut memamerkan hasil riasan sang pengantin yang mengeluarkan aura kecantikan.

Cerita MUA ini dibagikan di akun TikTok @makeupbyiirma. Hingga berita ini dipublikasikan, video sedikitnya telah disaksikan 1,5 juta kali dan mendapatkan 68 ribu tanda suka.

“Ritual Jawa yang pernah kami tahu di lokasi wedding,” tulis MUA sebagai keterangan TikTok seperti dikutip Suara.com, Rabu (25/8/2021).

MUA ini mengisahkan pengalamannya merias pengantin wanita di Blitar, Jawa Timur. Ia mengatakan kliennya itu menjalani proses pernikahan dengan menggunakan ritual Jawa.

“Saat aku dan tim make up pengantin di Blitar. Ada beberapa ritual pengantin yang dilakukan. Berikut beberapa ritual yang kami tahu saat hari itu juga,” cerita MUA.

Salah satu ritual adalah pengantin dan keluarganya tidak boleh keramas selama 7 hari sebelum pernikahan. Sang pengantin juga harus memakai sejenis gelang sepanjang ritual.

“Pengantin dan keluarganya tidak boleh keramas selama 7 hari sebelum acara berlangsung. Pengantin memakai gelang seperti ini dan tidak boleh dilepas selama acara,” tulis MUA.

Tak sampai disitu, pengantin harus memiliki keris. Ritual juga meliputi penyalaan dupa yang tidak boleh mati. Dupa itu juga harus dilengkapi dengan berbagai sesajen.

“Penyalaan dupa selama acara dan tidak boleh mati. Keris tidak dari perlas, melainkan dari keluarga sendiri. Terdapat sajen di sekeliling dupa,” beber MUA.

Semua ritual Jawa itu harus dilakukan menjelang pernikahan. MUA sendiri harus bisa merias sang pengantin di tengah pelaksanaan ritual Jawa yang dipercaya.

Sang MUA lantas merias pengantin di hari bahagianya. Ia memuji bagaimana pengantinnya mengeluarkan aura kecantikan, entah karena ritual atau make up.

“Terlepas dari itu semua, yang jelas pengantinku saat itu auranya keluar banget,” puji MUA.

Hasil riasan pengantin wanita itu juga ditunjukkan. Sang pengantin mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan sanggulnya.

Pengantin terlihat cantik dan anggun setelah menjalani ritual sampai dirias. Lebih lanjut MUA pun bertanya kepada warganet mengenai ritual unik apa saja di daerah masing-masing.

“Di daerah kalian, ada ritual apa aja?” tanya MUA.

Hasil riasan pengantin yang juga menggunakan ritual Jawa langsung mendapatkan perhatian warganet. Sebagaian besar memberikan pujian terhadap sang pengantin yang menunjukkan aura kecantikan.

“Asli ngaruh banget ya ritual-ritual begitu. Cantik parah pengantinnya,” puji warganet.

“Itu mah auranya keluar karena tangan periasnya juga handal,” timpal lainnya.

“Bener, tajem banget,” sahut warganet.

“Di video aja auranya keluar, apalagi aslinya,” komen warganet.

Sementara itu, sebagian warganet menceritakan dengan semangat ritual-ritual pernikahan di daerah mereka.

“Aku dulu gak boleh mandi selama 2 hari setelah minum air kembang. Katanya kalau mandi, pas acara bakal hujan. Tapi mitos sih,” curhat warganet.

“Di Jawa banyak ya. Cuma kalau aku dulu puasa 2 sampai 3 hari sebelum hari H. Terus pas hari H acara, gak boleh keramas takut ada hujan atau halangan lain,” ungkap warganet.

“Di tempatku pengantinnya cuma boleh makan nasi sama air putih (musih atau ngasprep) selama 1 bulan. Ini kalau mau bener-bener auranya kinclong,” beber warganet.

“Kalau di rumahku setiap ada mantenan, di deket genset harus ada sesajen biar gak diganggu pas acara,” tambah lainnya.

Video yang menjadi viral di TikTok ini bisa disaksikan DISINI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed