Viral Orang Tua Murid Ngomel di Medsos, Kritik Guru Beri Tugas Tanpa Tutorial

Sebuah video yang memperlihatkan aksi salah satu orang tua murid protes pada guru karena memberi tugas tanpa menyertakan tutorial viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @kabarkita_id, Rabu (4/8/2021) tampak seorang wanita yang diduga merupakan orang tua murid menyampaikan kritik pada guru.

Wanita tersebut mengeluhkan tugas sekolah yang diberikan oleh guru tanpa disertai dengan video tutorial atau video penjelasan materi pelajaran.

Ia juga mengkritik bapak ibu guru yang memberikan penjelasan lewat video yang sudah ada di Youtube.

“Terkhusu bapak ibu guru yang selalu memberikan soal pada muridnya tanpa memberikan tutorial, atau memberikan tutorial melalui video youtube. Pak, buk, nggak semua anak ngerti kalau dijeklaskan lewat Youtube,” ucap wanita tersebut.

“Nggak semua orang tua ngerti, nggak semua orang tua bisa, makanya anaknya disekolahkan,” ujarnya lagi.

Wanita tersebut lantas memberikan masukan pada bapak ibu guru agar memberikan penjelasan tentang materi pembelajaran dan cara mengerjakan soal.

Ia meminta bapak ibu guru membuat video penjelasan sendiri dan tidak mengambil video dari Youtube.

“Alangkah baiknya kalau memberi soal pada anak jangan lewat youtube, anda bikin video sendiri lalu di-share ke grup jadi anak lebih ngerti, jangan anda memberikan soal tanpa menjelaskan caranya, terutama pelajaran matematika,” lanjutnya lagi.

Melihat video tersebut, para warganet lantas menuliskan beragam komentar. Sebagian besar dari mereka mengaku terwakilkan oleh aksi wanita tersebut.

Meskipun begitu ada juga beberapa warganet yang berpihak pada guru. Mereka menilai banyak guru yang sudah bekerja keras agar anak didiknya tetap bisa menyerap ilmu meskipun sekolah secara daring.

“Begitu juga perasaanku yang terpendam selama ini…. terima kasih sekali,” komentar salah seorang warganet.

“Setuju banget, semoga Menteri pendidikan mendengar ini,” tulis warganet lain.

“Guru selalu dituntut dan disalahkan. Ditekan harus profesional. Tidak semua sekolah bisa melakukan pembelajaran seperti yang diinginkan wali murid,” ujar warganet lain.

“Alhamdulillah anakku sekolah di SMP, guru matematikanya membuat video sendiri dan menjelaskan beberapa contoh penyelesaian soal,” sahut salah satu warganet.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed